Dialog Palang Pintu dalam Pilkada DKI Jakarta

Standar

Eh … bang-bang berenti, bang budeg ape luh…Eh… bang nih ape maksudnye nih … selong-selonong di kampung orang, Emangnye lu kagak tahu kalo nih kampung ade yang punye?…

Eh… Bang, rumah gedongan rumah belande, pagarnya kawat tiangnya besi, gue kaga mao tau nih rombongan datengnye dari mane mau kemane, tapi lewat kampung gue kudu permisi.

Oh… jadi lewat kampung sini kudu permisi, bang.

Iye emangnye lu kate nih tegalan.

maafin aye bang, kalo kedatangan aye ama rombongan kage berkenan di ati sudare-sudare…Sebelomnye aye pengen ucapin dulu nih Bang…Assalamu, alaikum.

Alaikum salam…

Begini bang…makan sekuteng di Pasar Jum,at, mampir dulu di Kramat Jati, aye dateng ama rombongan dengan segala hormat, mohon diterime dengan senang hati.

Oh … jadi lu uda niat dateng kemari…eh…Bang, kalo makan buah kenari…, jangan ditelen biji-bijinye…kalo ku udeh niat dateng kemari…gue pengen tahu ape hajatnye?…

Oh… jadi Abang pengen tahu ape hajatnye…emang Abang kage di kasih tau ame tuan rumehnye…Bang, ade siang ade malam, ade bulan ade matahari, kalo bukan lantaran pilkada, kaga bakalan nih calon gubernur yang gue dukung aye anterin ke mari.

Oh… jadi lantaran pilkada Abang kemari?…Eh… Bang, kage salah Abang beli lemari, tapi sayang kage ade kuncinye, kage salah abang datang kemari, tapi sayang tuh… kite ude ade punye calonnye.

Oh…jadi tuh pilkada ude ade calonnye, eh …Bang crukcuk kuburan cine, kuburan Islam aye nyang ngajiin, biar kate tuh pilkada udeh ade calonnye, tetep aje nih calon bakal aye jadiin.

…Jadi elu kaga ngerti pengen jadiin, eh … bang kalo jalan lewat kemayoran, ati-ati jalannye licin, dari pada niat lu kage kesampaian, lu pilih mati ape lu batalin.

Oh… jadi abang bekeras nih…eh …Bang ibarat baju udah kepalang basah, masak nasi udah jadi bubur, biar kate aye mati berkalang tanah, setapak kage nantinye aye bakal mundur.

Oh… jadi lu kage mau mundur, ikan belut mati di tusuk, dalam kuali kudu masaknye, eh… nih palang pintu kage ijinin lu masuk, sebelum lu penuin persaratannye

Oh…jadi kalo mao dapet pilkada sini ade saratnye, Bang…?

Ade…, jadi pelayan aje ada saratnye… apa lagi gubernur jakarta…

Kalo begitu… sebutin saratnye… Bang…

Lu pengen tau ape saratnye…kude lumping dari tangerang, kedipin mate cari menantu, pasang kuping lu terang-terang, adepin nih si babe jampang( se iman ,beradab dan bersih,jawaera pan gak songong)

Oh… jadi kalo mao jadi gubernur di sini saratnye Si Babe Jampang Bang…

Iye … kalo lu takut, lu pulang…

bintang seawan-awan, aye itungin beribu satu, berape banyak Abang punya syarat, aye bakal siapin satu-persatu.

Adu Jurus (adu visi dan misi)
bang, lu tau dalemnye rawe, pasti lu tau kali semanan, kalo mau tau namenye jaware, nih lu liat gue punye care mengatur jakarte. Nih ….baru kembangnye …. Bang…ntar buahnye…
Kelape ijo ditusuk belati naek, perahu lurus jalannye, udeh banyak jago yang mati, nih carenye kalo elu mau ngurus jakarta

Adu Ngaji (adu strategi)
Gimane Bang…rase-rasenye jagoan Abang udeh pade rontok semua nih…
ape aye ame rombongan udah boleh masuk?…ape masih ade saratnye lagi Bang?…

Ntar dulu Bang, enak aje… pan lu tau…
buah cereme jangan diasinin
makan nasinye di kandang kude
sarat pertame emang lu ude penuin…
tapi masih ade sarat yang kedue…

Sebutin udah bang jangan lame-lame
Tukang lakse dagangnye malam
jalannya muter ke pasar kranji
gue minta elu jangan cume bise berantem (adu visi dan misi)
tapi gue pengen denger lu bise ngaji (memaparkan strategi)

Tumbuk ketan jadinye uli
ulinye juge kudui ditapeni
betaun-taun anak kampung gue bisa ngaji
strategi apa yang Abang bisa sampein

Gimane Bang… soal berantem aye udah ladenin, soal ngaji abang udah dengerin
ape aye ame rombongan udah boleh masuk, ape masih ade saratnye lagi,
Bang?…

Cukup-cukup dah Bang…rase-rasenye kage sie-sie aye mendukung Abang
soal silat Abang jago…soal ngaji Abang bise…aye cuma bisa bilang…
buah mangga bukan sembarang mangga
buahnye satu tulung petikin
aye bangga bukan sembarang bangga
cagub dan wacagub yang begini yang aye arep-arepin
ahlan wasahlan buat Abang ame rombongan…
Assalamu, alaikum…

Selamat buat warga Jakarta, yang akan melakukan PILKADA 2017 ( Tiras Rm, Sept 2016)

SANDIWARA SATU BABAK

Standar

Hiruk pikuk sudah dimulai
Saat sang pelapor tampil di panggung media
“Papa minta saham”
Semua aktor tampil dipanggung memainkan perannya
Aktor yang dikontak maupun piguran mengeluarkan siulannya
Begitu hebatnya aktor melakonkan wataknya
Peran yang mampu mengaduk-aduk emosi jiwa
Marah
Tawa
Kesal
Menghujat
Cuek
Pecat
Laporkan ke KPK
Laporkan Kejagung
Laporkan ke KMD
Laporkan Polisi
Usut
Korup
….
Setelah babak dimainkan di penghujung pementasan
Aktor pemeran utama dengan gemetaran memerankan wataknya dengan sempurna
Semua penonton terkesima
Semua penonton memberikan tepuk tangan
Selesai sudah pementasan drama
Dengan membawa berbagai gejolak rasa dihati pemirsa
Sandiwara satu babak usai dengan skenario yang menusuk hati
Aktor utama menghianati kontrak perannya
KontraK tambang akan diperpanjang

(Tiras.RM, Desember 2015,12.Salam 4 Papua )

UMPET UMPET UPETI UMPET UMPET

Standar

Sejak jaman Kerajaan
Upeti sudah kewajiban
Sejak jaman Kesultanan
Upeti sudah bukan barang haram
Sejak jaman Revolusi
Upeti membantu perjuangan
Waktu jaman Pembangunan
Upeti harus disembunyikan
Upeti sesembahan rakyat pada titah paduka
Upeti pajak yang harus dibayar rakyat kepada kanjeng sultan
Upeti upaya memuluskan segala urusan
Sudah lumrah kata sebagian orang
Rakyat bayar upeti
Pedagang bayar upeti
Pengusaha bayar upeti
Apalagi Freporot,tukang porot rakyat pengeruk perut bumi nagari
Sekarang upeti dihebohkan
Kenapa?
Ketahuan?
Karena tidak kebagian?
atau
kurang ajarnya kenapa bukan dari anggota partai pendukung penguasa yang meminta
kenapa harus dari anggota partai bukan pendukung penguasa
Ohhhh itu masalahnya
Karena semua suka umpet upeti umpet
hahahahaha…
(Tiras ,akhir Nopember 2015)

Sekuntum Bunga Untuk Cikgu Honorer

Standar

Selamat pagi cikgu
Celoteh dari bibir mungil anak-anak yang manis
Hari ini begitu ceria
Cikgu kau didik kami untuk menyongsong masa depan
Walau kami bandel dan susah diatur
Cikgu dengan sabar membimbing kami hingga mengerti
Walau gajimu tak sepadan dengan apa yang kau perjuangkan
Jangan bersedih cikgu
Jika nanti kami jadi menteri pendidikan atau
Bahkan jika kami jadi presiden akan kami perhatikan jasamu
Ataupun kami tidak jadi apa-apa
Tak akan kami lupa jasamu
Terima kasih Cikgu, Selamat Hari Guru Nasional
(Tiras Rm,Jakarta 25 Nopember 2015)

dalam senyap

Standar

Malam tiada bulan yang biasa tampak membiaskan cahayanya
Malam tiada bintang yang biasa menampilkan keindahan
Malam tiada lagi suara jangkrik yang mengalunkan musik malam
Malam tiada lagi hembusan angin yang menyapa lembut
semua gelap
sunyi
karena tiada lagi kau disini
kucoba meraba
namun tiada jumpa
karena kau telah pergi bersama-Nya
(untuk teman-teman seperjuangan pahlawan pendidikan yang telah tiada )
Tiras,RM,2014

InDOneSIa BaRu

Standar

9 Juli sudah usai
22 Juli sudah diumumkan
Pemenangnya membingungkan
Semua klaim sebagai pemenang
Kata hitung cepat No.1 Pemenang
Hitung cepat lain mengatakan No.2 pemenang
Indonesia baru yang membingungkan

Media saling mendukung
Masyarakat tambah bingung
Relawan tambah kalap
Masyarakat berharap

Indonesia baru
Yang katanya rakyat penuh harap
Perubahan nasib yang penuh ratap
Pada sosok pemimpin yang merakyat

Yang jelas jejak-jejak derita telah tertapak
Subsidi BBM dicabut yang katanya salah sasaran
Ocehan-ocehan kader partai yang islamophobia
Bibit-bibit permasalahan siap tumbuh menyeruak
Dalam lahan-lahan kemunafikan
Para calon pemimpin yang gila jabatan,harta
Dalam teduhan daun derita rakyat jelita

( Aku menangis melihat masa depan muslim Indonesia dalam takbir Ramadhan 1435 H )

SAAT INI WAKTUNYA

Standar

Bendera telah bekibar,
Wajah telah terpapang,
Ide telah diucapkan,
Visi telah dikumandangkan,
dalam kemeriahan kampanye para badut,
badut-badut menari,
badut-badut menyanyi,
badut=badut mencaci,
badut-badut memuji

Apakah mereka
jujur,
amanah,
memiliki integritas,
cerdas,
entahlah?

Saat ini semua badut-badut
manis,
baik,
benar,
paling hebat,
siap membela rakyat
dan semua berkata demi rakyat

Saat ini waktunya
kita memilih,
menentukan,
nasib negeri ini,
ingat jangan salah pilih
pilih aku atau dia
karena para badut bukan pilihan